Selasa, 13 Februari 2024

Pengembangan Kopi Basirsa di Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

 


Kopi basirsa merupakan salah satu jenis kopi yang telah di kembangkan di Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Kopi ini awal mulanya berasal daerah Dampit Malang. Kopi basirsa ini biasanya oleh petani di sana di buat tegakan bawah. Atasnya biasanya di sambung dengan kopi jenis lainnya seperti arabika dan robusta. Di buat tegakan bawah ini karena kopi jenis basirsa ini kuat dan tahan panas di musim kemarau dan gampang tumbuh. Kenapa di katakan sangat kuat karena pada musim kemarau petani tidak perlu menyirami karena kopi ini dapat menyimpan cadangan air di akarnya. Sehingga nanti pada musim penghujan tiba akan bersemi kembali.

Untuk perbanyakan tanaman biasanya petani melakukan stek. Kalau di stek tumbuhnya pohon itu tidak keatas terus tapi pertumbuhan cabangnya menyamping kayak payung.

Biji dari kopi basirsa ini lebih kecil di bandingkan dengan jenis kopi lainnya. Untuk kulit kopi bisa buat campuran untuk di goring dengan bijinya. Kopi ini mempunyai aroma yang khas dan mempunyai kandungan kafein yang tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar