Kamis, 25 Januari 2024

Sosialisasi Alat Ekonomi Produktif di KTH Budi Luhur Lestari Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

 


Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman populer yang banyak digemari oleh beberapa kalangan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia. Beberapa orang percaya, kopi memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan energi, menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis jenis kopi ada beberapa macam diantaranya adalah kopi robusta, Arabica dan liberika.

Di KTH Budi Luhur Lestari Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo di kembangkan kopi jenis Basirsa. Bibit kopi ini dulunya berasal dari daerah Malang. Salah satu anggota KTH mencoba mengembangkan kopi jenis Basirsa ini di daerah Wates. Dan ternyata dapat tumbuh dengan baik meskipun ketinggian tempat di bawah 700 mdpl. Saat ini untuk produksi kopi basirsa yang di kembangkan di daerah Wates Kec Jenangan sudah mencapai 3 kwintal sebulan. Untuk luasan satu desa mencapai 15 hektar yang telah di tanami tanaman kopi.

Untuk meningkatkan produksi kopi basirsa ini KTH Budi Luhur Lestari mendapatkan alat berupa Grinder manual. KTH Budi Luhur Lestari akan mendapatkan bantuan alat 1 unit coffe Grinder Manual dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan dari sub kegiatan penguatan dan Pendampingan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan yang merupakan kegiatan dari seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat. Di perkirakan alat ini bulan Maret 2024 sudah terealisasi.

Di harapkan dengan adanya alat ini nantinya dapat di manfaatkan oleh anggota KTH Budi Luhur Lestari sehingga pendapatan masyarakat dapat meningkat sehingga kesejahteraan hidup dapat meningkat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar