Selasa, 21 Mei 2024

VERIFIKASI LAPANGAN KEGIATAN BANGPESONA DI POKMAS BERKAH BANGKIT DESA NGRUPIT KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO




 

Dalam rangka pengembangan usaha strategis ekonomi domestik, perlu bantuan sarana peralatan dan sarana produksi kepada peserta program Perhutanan Sosial dalam bentuk Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang PeSoNa). Bang PeSoNa dimaksudkan untuk memberikan stimulan kepada penerima bantuan dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha peserta program Perhutanan Sosial di dalam dan sekitar hutan dalam rangka berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan tujuannya adalah agar kegiatan pengembangan usaha perhutanan sosial melalui penyaluran pemberian bantuan pemerintah dalam bentuk Bang PeSoNa dapat berjalan dengan efektif, efisien dan tertib administrasi.

Penerima Bantuan Bang PeSoNa adalah kelompok masyarakat yang berada di dalam dan sekitar hutan. Di Ponorogo calon penerima kegiatan Bangpesona sebanyak 6 kelompok, salah satunya adalah Pokmas Berkah Bangkit Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Verifikasi lapangan di Pokmas Berkah Bangkit di laksanakan pada tanggal 15 Mei 2024 oleh BPSKL ( Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan ) Wilayah Jawa.



Bantuan Bang PeSoNa  di berikan kepada masyarakat dalam bentuk uang maksimal senilai Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) per kelompok masyarakat dengan cara swakelola melalui mekanisme langsung dengan kegiatan :

1.   Pembelian bibit tanaman pohon

2.   Pembelian komoditi/bahan untuk pengembangan peternakan

Bantuan BangPeSoNa di Pokmas Berkah Bangkit Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo di gunakan untuk membeli 12 ekor kambing, 1.700 batang sengon, 1.200 batang gmelina, 300 batang alpokat, dan 274 batang kelengkeng.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar